Penjelasan Tentang Fobia Yang Kalian Harus Tau

amfa-france

Penjelasan Tentang Fobia Yang Kalian Harus Tau – Fobia adalah kekhawatiran berlebihan tentang hal-hal tertentu seperti ketinggian, ruang tertutup, darah, atau hewan tertentu. Beberapa jenis fobia dapat lebih mengganggu aktivitas.

Penjelasan Tentang Fobia Yang Kalian Harus Tau

amfa-france – Saat menghadapi hal-hal yang mereka takuti, kebanyakan penderita fobia mengalami serangan panik yang menimbulkan tanda-tanda detak jantung cepat, gagap atau tidak bisa berbicara dengan jelas, berkeringat, mual, gemetar, sakit perut, nyeri dada, pusing, apalagi saat merasa sesak.
Beberapa jenis fobia yang paling umum

Secara umum fobia dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:
Fobia sosial

Fobia sosial, juga dikenal sebagai kecemasan sosial, adalah perasaan takut berlebihan yang terus berlanjut dalam kondisi sosial. Misalnya, saat Anda bertemu orang baru, berbicara di depan orang, atau bahkan berbelanja.

Orang dengan fobia sosial sering merasa terlalu cemas dan takut dipermalukan atau dipermalukan oleh orang lain, yang membuat mereka terasingkan dalam kondisi sosial.

Fobia sosial terutama disebabkan oleh pengalaman sosial yang tidak nyaman, karakter pemalu, atau trauma psikologis di masa kanak-kanak.
Agoraphobia

Agoraphobia adalah salah satu jenis fobia yang menyebabkan penderitanya menjauhkan diri dari area dan kondisi tertentu yang dapat menimbulkan rasa takut, panik, dan tidak berdaya.

Kebanyakan penderita agorafobia mungkin takut meninggalkan rumah untuk waktu yang lama, waspada terhadap area yang membuatnya sulit untuk berlari, atau menyelamatkan diri, seperti kamar mandi. B. di dalam gerobak atau mobil, dan takut jika mereka tidak sendirian di tengah keramaian.

Dalam kondisi yang sudah parah, agoraphobia dapat membuat penderitanya memilih bertahan hanya karena merasa aman.
Fobia spesifik

Fobia tertentu adalah kekhawatiran luar biasa dan terus-menerus tentang objek, hewan, situasi, atau aktivitas tertentu. Beberapa contoh gaya fobia tertentu adalah:

Hemofobia, yaitu rasa takut yang berlebihan terhadap darah.
Arachnophobia, yaitu ketakutan yang berlebihan terhadap laba-laba.
Cynophobia, yaitu rasa takut yang berlebihan pada anjing.
Ophidiophobia, yaitu ketakutan yang berlebihan terhadap ular.
Claustrophobia, yaitu ketakutan berlebihan terhadap ruang tertutup atau sempit.
Glossophobia, yaitu ketakutan yang tidak semestinya untuk berbicara di depan orang banyak.
Acrophobia, yaitu ketakutan yang berlebihan
Nyctophobia, yaitu rasa takut yang berlebihan pada malam atau gelap. Fobia gelap ini sering dialami oleh anak-anak.

Fobia yang terjadi pada anak-anak biasanya bisa sembuh dengan cepat bersamaan. Fobia yang terjadi pada orang dewasa cenderung berlangsung lama dan membutuhkan perawatan khusus.

Anda dapat mengetahui bahwa berbagai jenis fobia berasal dari tanda-tanda yang dijelaskan di atas. Jika Anda terlalu takut pada sesuatu, Anda harus berkonsultasi dengan psikiater atau psikolog fungsional untuk mendapatkan pengobatan sebelum fobia berikutnya memburuk.

Related Post