Mengenal Lebih Tentang Pap Smear Dan Kesehatan

amfa-france

Mengenal Lebih Tentang Pap Smear Dan Kesehatan – Leher rahim merupakan bagian perlu berasal dari tubuh wanita yang berisiko tinggi terkena sel kanker, yaitu kanker rahim. Kanker ini adalah penyakit mematikan yang sering menyerang wanita di umur 45-an. Deteksi dini merupakan salah satu langkah untuk mencegah kanker ini, yang bisa dilakukan melalui serangkaian tes yang disebut pap smear.
Apa itu pap smear?

Mengenal Lebih Tentang Pap Smear Dan Kesehatan

amfa-france – Beberapa berasal dari Anda, terlebih wanita, barangkali tidak begitu familiar dengan makna perlu berasal dari tes tunggal ini. Pap smear atau tes Pap adalah suatu prosedur di dalam dunia kebugaran yang dilakukan untuk sadar pengertian kanker serviks secara dini terhadap wanita. Prosedur ini bekerja dengan menyita sampel sel yang ditemukan di bagian bawah serviks.

Baca Juga : Vaksin Hepatitis B Berperan Penting Untuk Kesehatan Hati

Jadi kapan Anda wajib melakukan prosedur ini untuk sadar bahwa tersedia risiko kanker rahim? Frekuensi prosedur itu sendiri terkait terhadap sebagian faktor, termasuk usia. Wanita antara 21 dan 65 tahun direkomendasikan untuk melakukan prosedur ini tiap-tiap 3 tahun, terlebih kecuali wanita tersebut aktif secara seksual.
Fungsi berasal berasal dari lemak karton

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi berasal dari pap smear adalah mendeteksi keberadaan sel kanker terhadap leher rahim wanita sedini mungkin. Begitu sel kanker ditemukan, pengobatan untuk mengobatinya bisa dilakukan lebih cepat agar sel kanker tidak tumbuh dan keadaan makin memburuk.

“Karena gejala awal, terhadap umumnya lesi non-kanker tidak mengundang gejala. Ketika berkunjung ke kanker invasif, gejala yang paling umum adalah pendarahan (pendarahan kontak, pendarahan pas berhubungan) dan keputihan. Oleh karena itu, benar-benar perlu untuk melakukan deteksi dini agar bisa langsung ditemukan,” malah dr Irma Lydia, Team Doctor

Jika sel kanker belum terbentuk, tapi sepanjang prosedur ini telah berlangsung perubahan terhadap sel-sel leher rahim, maka pencegahan termasuk bisa dilakukan. Padahal, dengan menjalani prosedur ini, Anda bisa mencegah perkembangan sel kanker sekaligus mencegah perkembangan sel kanker tersebut.
Proses pap smear

1. Persiapan

Sebelum Anda menjalani prosedur ini, wajib diketahui bahwa tersedia sebagian perihal yang wajib dihindari. Selama 48 jam sebelum akan prosedur, dilarang terkait seks dan gunakan pelumas di area intim. Wanita yang melakukan prosedur ini termasuk tidak boleh gunakan apa pun di area intim layaknya tampon atau sabun pembersih.

Perlu termasuk dicatat bahwa prosedur ini tidak boleh dilakukan sepanjang menstruasi. Pasalnya, keadaan tersebut bisa merubah keakuratan hasil prosedur yang dilakukan. Setelah semuanya cocok dengan peraturan, maka prosedur siap untuk dimulai.

Proses 2.

Prosedur pap smear dilakukan sepanjang kira-kira 10 sampai 20 menit dengan memasukkan dilator ke di dalam penis intim wanita. Membuka dilator akan meregangkan dinding bagian intim dan memungkinkan dokter untuk dengan enteng menyaksikan keadaan rahim. Harap dicatat bahwa saat dilator ditempatkan di area panggul, tersedia perasaan tertekan.

Selain itu, sebagian sel akan dikeluarkan berasal dari serviks dengan watt. Proses pengambilan sel ini umumnya tidak mengundang rasa sakit. Sel-sel tersebut lantas ditempatkan di dalam wadah berisi cairan khusus, lantas dikirim ke laboratorium untuk diteliti.

3. Hasil

Hasil berasal dari prosedur ini bisa dilihat di dalam sebagian hari. Ada 2 barangkali hasil: negatif atau normal dan positif atau abnormal. Jika hasilnya negatif, berarti tidak tersedia sel kanker atau sel di leher rahim yang bisa berupa karsinogenik. Urutan tindakan lantas bisa disesuaikan cocok dengan frekuensi inspeksi yang direkomendasikan.

Jika hasilnya positif, bukan berarti Anda otomatis terkena kanker rahim. Hasil positif ini bisa disebabkan oleh sebagian alasan, layaknya peradangan enteng atau perubahan kecil terhadap sel, HPV, kanker, atau keadaan prakanker. Kesalahan di dalam hasil lab berasal dari sampel uji termasuk dimungkinkan.

Wanita yang dites positif umumnya diminta untuk menjalani prosedur kolposkopi. Kolposkopi dilakukan dengan gunakan alat khusus yang disebut colposcope untuk memeriksa jaringan serviks, vagina, dan vulva. Pengangkatan jaringan dan area yang dikenal sebagai abnormal bisa dilakukan, lantas dianalisis kembali.
Risiko muncul

Seperti prosedur kebugaran lainnya, deteksi sel kanker rahim termasuk memiliki dampak samping. Oleh karena itu, wanita yang dambakan melakukan prosedur ini memiliki pemahaman yang lebih baik perihal risiko pap smear. Prosedur itu sendiri bisa membuat mati rasa, kram, pendarahan simple atau bintik-bintik.

Bahkan kecuali dampak samping pap smear terjadi, durasi dampak samping ini berumur pendek dan bisa hilang terhadap hari prosedur. Jika dampak samping berlangsung lebih lama dan tidak kunjung hilang, direkomendasikan untuk berkonsultasi ulang dengan dokter yang melakukan prosedur tersebut.

Mengingat betapa mematikannya kanker rahim, tentu yang terbaik adalah mendeteksinya sedini barangkali dengan prosedur pap smear. Prosedur ini direkomendasikan untuk wanita berusia antara 21 dan 65 tahun, terlebih mereka yang aktif secara seksual. Biaya pap smear ini tetap tergolong tidak mahal cuma Rp 400.000.

Apakah Anda dambakan berkonsultasi dengan dokter perihal kebugaran Anda? Unduh aplikasi. Beli obat resep, lewati batas. Tersedia di Google Play Store dan App Store.

Related Post