Lelah Jangan Dianggap Sepele, Karena Bisa Saja Terdapat Masalah Kesehatan Serius

amfa-france

Lelah Jangan Dianggap Sepele, Karena Bisa Saja Terdapat Masalah Kesehatan Serius – Tentunya setiap orang mengalami kelelahan terutama setelah berolahraga atau aktivitas berat lainnya. Secara umum, dalam banyak kasus situasi ini tidak serius dan tidak boleh diganggu.

Lelah Jangan Dianggap Sepele, Karena Bisa Saja Terdapat Masalah Kesehatan Serius

amfa-france – Namun, Anda perlu tahu bahwa Anda selalu merasa lelah. Pasalnya, rasa lelah yang terus-menerus bisa menjadi pertanda masalah kesegaran yang sering diabaikan.

Bright Side melaporkan tentang beberapa masalah kesegaran yang dapat melelahkan Anda sepanjang waktu.

Baca Juga : Waspada Obesitas Dan Lemak Berlebih Dalam Tubuh

1. Kekurangan zat besi

Kekurangan zat besi atau anemia ditandai dengan penurunan pemrosesan hemoglobin. Sel tidak menerima cukup oksigen, yang dapat menyebabkan kelelahan permanen atau permanen.

Gejala kekurangan zat besi antara lain keinginan untuk makan sesuatu yang aneh, tangan atau kaki yang terus-menerus dingin, dada tidak nyaman, sesak napas, kulit pucat, kuku rapuh, sakit lidah, bengkak, dan nyeri.

Sebagai langkah pertama, Anda dapat memperbaiki situasi dengan meningkatkan jumlah makanan kaya zat besi dalam diet Anda. Kerang, daging, daging, dan kacang-kacangan mengandung zat besi yang tinggi.

2. Kekurangan vitamin B12.

Faktanya, kelelahan bukanlah tanda pertama kekurangan vitamin B12 yang ditemukan pada produk hewani. Gejala kekurangan vitamin B12 antara lain penyakit jantung, menangis, gelisah, penglihatan kabur, kulit pucat dan kekuningan, mati rasa, kesemutan, dan rasa terbakar di tubuh.

Perubahan pola makan dapat membantu mengatasi kekurangan vitamin B12. Jadi, vegetarian tidak benar-benar meningkatkan risiko kekurangan vitamin B12.

3. Masalah dengan kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid atau hipotiroidisme yang kurang aktif ditandai dengan kurangnya hormon tiroid dengan rasa lelah yang terus-menerus. Gejala masalah tiroid antara lain wajah dan kelopak mata bengkak, peningkatan kepekaan terhadap dingin, nyeri otot dan ketidaknyamanan, suara serak, kulit kering, rambut menipis, dan rambut rontok.

4. Penyakit usus.

Faktanya, disfungsi usus bukanlah suatu kondisi yang menyebabkan peningkatan pesat jumlah bakteri yang terancam punah di usus. Ketika mikroorganisme ini mati, usus mengeluarkan racun yang berdampak negatif pada sistem saraf dan menyebabkan kelelahan terus-menerus.

Gejala penyakit usus lainnya termasuk produksi gas yang berlebihan, sakit perut, rasa tidak enak di mulut, lapisan putih di lidah, dan mual. Perhatian medis yang Anda butuhkan akan tergantung pada kondisi usus Anda.

5. Penyakit hati.

Penyakit hati bukanlah keadaan kelelahan permanen, seperti hepatitis A dan B. Kelelahan bisa menjadi tanda yang terlihat dari gangguan aliran empedu, radang saluran empedu, dan sirosis hati.

Gejala penyakit hati antara lain nyeri di bawah tulang rusuk di sisi kanan, kulit kekuningan, demam ringan, mual, dan kehilangan nafsu makan. Dalam kasus ini, obat-obatan tertentu dapat membantu melawan penyakit hati.

Related Post