Kalian Pernah Dengar Ophidiophobia? Yuk Simak Penjelasan Berikut!

amfa-france

Kalian Pernah Dengar Ophidiophobia? Yuk Simak Penjelasan Berikut! – Ophidiophobia atau ophiophobia adalah kekhawatiran yang intens, berlebihan, dan tidak rasional tentang ular. Sebenarnya ular merupakan salah satu hewan yang ditakuti oleh banyak orang, namun bukan berarti setiap orang memiliki fobia terhadap ular.

Kalian Pernah Dengar Ophidiophobia? Yuk Simak Penjelasan Berikut!

amfa-france – Ophidiophobia adalah salah satu jenis fobia spesifik, yaitu fobia yang spesifik terhadap suatu objek, hewan, aktivitas, atau kondisi.

Kebanyakan orang dengan fobia ular atau ophidiophobia khawatir tidak hanya saat berhadapan dengan ular secara langsung, tetapi juga saat melihat foto atau video ular, membicarakan tentang ular, atau bahkan hanya memikirkannya.
Gejala ophidiophobia

Baca Juga : Penjelasan Tentang Fobia Yang Kalian Harus Tau

Berikut ini adalah tanda-tanda yang dimiliki sebagian besar ophidiofobia ketika mereka memiliki kondisi umum yang melibatkan ular:

  • keringat
  • Goyah
  • Takut
  • kegelisahan
  • panik
  • Takut
  • Pusing
  • mual
  • Sulit bernafas

Penyebab Ophidiophobia

Berikut lebih dari satu penyebab dan risiko seseorang dengan ophidiophobia atau fobia ular:
1. Pengalaman traumatis

Pengalaman traumatis dengan ular, terutama di masa kanak-kanak, dapat membuat Anda mengembangkan fobia jangka panjang terhadap hewan-hewan ini.

Beberapa momen traumatis yang bisa membuat Anda menderita ophidiophobia antara lain digigit ular atau dalam keadaan merasa terancam oleh ular.
2. Sejarah keluarga

Jika Anda dibesarkan dalam keluarga dengan fobia ular, Anda mungkin menderita ophidiophobia. Pasalnya, lingkungan keluarga berdampak besar pada cara Anda memandang sesuatu.

Jika keluarga atau kerabat dekat Anda memiliki kekhawatiran tentang ular, Anda mungkin menganggap hewan ini sebagai ancaman yang menakutkan dan mengancam.
3. Representasi dalam masyarakat

Media dan masyarakat umum sering menggambarkan ular sebagai hewan yang menakutkan dan berbahaya. Terlalu sering menonton film tentang kejahatan ular atau mendengar pengalaman mengerikan orang lain diserang ular dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit ophidiophobia.
Pengobatan ophidiophobia

Untuk membantu mendiagnosis seseorang dengan ophidiophobia, seorang terapis (psikolog atau psikiater) dapat meninjau tanda-tanda yang Anda rasakan dan mendiskusikan berbagai pengalaman Anda dengan ular.

Jika terapis memutuskan bahwa Anda menderita ophidiophobia, lebih dari satu perawatan dapat diberikan untuk mengobati kondisi tersebut, termasuk:
Terapi pemaparan

Terapi pemaparan, disebut juga terapi desensitisasi, adalah terapi yang dilakukan untuk secara bertahap menempatkan Anda pada keadaan di mana Anda secara bertahap menjadi takut.

Misalnya, Anda mungkin diminta untuk melihat gambar atau video ular terlebih dahulu. Dari sini terapis bisa melihat emosi dan reaksi fisik apa yang Anda lihat dalam menanggapi foto atau video ular yang diberikan.

Saat Anda terbiasa, terapi dapat ditingkatkan, bersama dengan langkah-langkah untuk mendeteksi ular di kebun binatang, dll., Hingga fobia Anda sembuh.
Terapi perilaku kognitif

Tujuan dari terapi perilaku kognitif adalah untuk mengubah pola pikir dan reaksi negatif Anda menjadi sesuatu yang positif, dalam hal ini kekhawatiran dan reaksi terhadap ular. Dengan cara ini Anda diharapkan lebih tenang saat menghadapi kondisi ular.
Narkoba

Jika tanda-tanda ophidiophobia yang Anda derita parah dan kecemasan sudah mengancam diri sendiri, psikiater mungkin dapat menggabungkan terapi dengan obat pelindung untuk mengobatinya. Contoh obat yang dapat diresepkan termasuk antidepresan dan obat penenang.

Walaupun kelihatannya sederhana, kebanyakan metode pengobatan ophidiophobia perlu dilakukan berulang kali sampai pasien sembuh total. Oleh karena itu, Anda harus dengan sabar dan konsisten melanjutkan perawatan ini bersama-sama.

Jika kekhawatiran Anda tentang ular telah menyebabkan ophidiophobia, Anda harus segera berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater. Mengobati hal ini sedini mungkin dapat meminimalkan risiko tanda-tanda ophidiophobia menjadi kritis.

Related Post